Saturday, February 9, 2008

Menghaluskan Kulit Badan

Ada dua cara untuk menghaluskan kulit badan

Cara sederhana

Yaitu dengan menggunakan daun kembang sepatu. Caranya ambil daun kembang sepatu yang masih agak muda secukupnya, ditumbuk halus ditambvah air kemudian gosokkan ke seluruh badan biarkan selama tiga menit. Lalu bilas samapai bersih. Sebaiknya gunakan sebelum memakai sabun, hasilnya kulit anda akan menjadi halus.

Menggunakan Bedak Mangir

Bahannya:

- tepung beras : ¼ kg

- temugiring : ¼ kg

- kencur : 1 ons

- kayu wangi : ½ ons

- kayu manis : ½ ons

- kulit jeruk purut : 1 buah

- adas pulosari : 1 ons

Cara membuat :

Temugiring dan kencur dicuci bersih, iris-iris lalu keringkan. Kayu wangi, kayu manis, kulit jeruk dan adas dikeringkan, campurkan dengan temugiring dan kencur lalu ditumbuk satu sampai halus, diayak lalu ambil yang paling halus. Tambahkan tepung beras yang halus kemudian diaduk sampai rata. Jadilah bedakmangir.

Cara menggunakan :

Setiap akan mandi atau akan tidur, ambil bedak mangir satu sendok teh tambahkan dengan air, gosokkkan ke seluruh tubuh, biarkan sampai kering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Kegunaan :

Membersihkan kotoran yang masuk ke pori-pori kulit.

Menghaluskan kulit, memutihkan kulit

Menghilangkan bau badan

Ket :

Cara membuat tepung beras: beras direndam di dalam air sampai enam jam, jika sudah cukup disaring dengan kalo (bahas jawa) atau tempat yang bisa menuntaskan air supaya beras jadi kering, kemudian diselep dan diayak , diambil yang paling lembut lalu dikeringkan.

No comments: