Saturday, February 9, 2008

Menghilangkan Bekas Jerawat

Noda hitam bekas jerawat sering membuat remaja rendah diri sehingga penampilan menjadi tidak menarik. Ada dua cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel yaitu :

Menggunakan lidah buaya

- lidah buaya : 2 batang

- bedak tale : secukupnya

Lidah buaya dikupas, dicuci bersih diiris kecil-kecil kemudian diblender sampai halus, dijemur selama lima menit untuk menghilangkan rasa gatal.

Cara memakainya:

Bersihkan wajah dulu dengan air hangat keringkan dengan handuk. Kegunaan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Kemudian ambil lendir buaya secukupnya dan campurkan jadi satu dengan bedak talc hingga lumat, dibuat jadi masker. Oleskan pada wajah menjelang tidur. Keesokkan paginya bersihkan dengan air hangat dan dingin. Lakukan secara rutin sehingga noda hitam bekas jerawat hilang. Dan wajah jadi bersih kinclong..!

Ket: bedak Talc ( bedak bayi, johson etc)

Menggunakan bedak dingin

Bahannya:

- tepung beras : 1/4 kg

- tepung bengkoang : 1 ons

- kencur : 1 ons

- biji rumput teki : ½ ons

- buah pinang : ½ ons

- kayu manis : ½ ons

- adas pulosari : ½ ons

Cara membuatnya :

Kencur dan biji rumput teki diiris-iris dikeringkan, buah pinang dibelah. Isinya dikeringkan. Kencur dan adas ditumbuk sampai halus atau diselep, diayak kemudian diambil yang paling halus, campurkan jadi satu dengan tepung beras dan tepung bengkoang diaduk sampai rata, jadilah bedak dingin.

Jika ingin dibentuk bulat-bulat tambahkan air secukupnya, kemudian diulet seperti membuat adonan kue sampi pekat. Bentuk seperti kelereng dan dijemur sampai kering.

Gunakan setiap akan tidur, ambil sesendok kecil atau satu buah butir bedak dingin tambhkan air secukupnya dibuat jadi masker

Manfaatnya :

Menghaluskan kulit wajah

Menghilangkan bekas jerawat

Menghilangkan komedo dan kerut di wajah

Wajah kelihatan bersih dan awet muda

No comments: